Sabtu, 20 Februari 2016

Dampak Sosial Kurang Silaturahim



Dampak Sosial Kurang Silaturahim

Dampak Sosial Kurang Silaturahim. Memiliki hubungan sosial yang buruk ternyata setara dengan menjadi pecandu alkohol dan lebih membahayakan dibanding tidak berolahraga serta dua kali lebih berbahaya dibanding obesitas ( kelebihan berat badan ).

Tidak memiliki hubungan sosial ternyata berdampak yang lebih besar untuk kematian muda dibanding tidak melakukan vaksinasi untuk mencegah pneumonia ( radang paru-paru ) diusia muda, tidak menkonsumsi obat tekanan darah tinggi atau terpapar polusi udara.

Hold Lunstad menjelaskan lebih lanjut perihal bagaimana kehidupan sosial bisa mempengaruhi kesehatan, yaitu keberadaan orang yang dekat secara emosional disekililing kita membuat kita mampu menghadapi stress hidup, sesuatu yang diketahui bisa menyebabkan kematian jika tak sanggup menghadapinya.
Hold Lunstad mengatakan " Saat kita menghadapi kejadian yang potensial yang menimbulkan stress dalam hidup, kita tahu bahwa ada orang - orang disekeliling kita yang bisa diandalkan. Ini menjadikan kita percaya bahwa mereka akan membuat kita mampu menghadapinya. Bisa juga keberadaan mereka mencegah berbagai efek negatif dari stress.
Baca : Manfaat Silaturahim
Penelitian lain yang juga pernah dilakukan oleh dua orang ahli epidemi penyakit antara tahun 1965 - 1974 terhadap gaya hidup dan kesehatan penduduk Alameda County, California yang berjumlah 4.725 orang. Hasil penelitian menemuka bahwa angka kematian tiga kali lebih pada orang yang eksklusif ( tertutup ) dibanding orang yang rajin bersilaturahim dan menjalin hubungan.

Nampaknya tidak ada orang yang tidak berharap untuk memiliki umur yang panjang. Jika hal sederhana ini bisa memwujudkan hal itu, mengapa tidak kita lakukan...?

Sumber : Selaras

Terima kasih atas komentar sahabat...
Dimohon tidak meningggal link hidup / link aktif karena otomatis terhapus

EmoticonEmoticon